Pages

Rabu, 03 Agustus 2011

Jenis-Jenis Aplikasi Dalam Vb.Net


Language : VB.Net
Project : VB.Net teori



Jenis-Jenis Aplikasi Dalam Vb.Net
Dalam dialog New Project anda dapat memilih jenis aplikasi yang akan dibuat termasuk bahasa pemrograman digunakan. Jenis aplikasi yang dapat dibuat adalah :
Windows Application
Adalah aplikasi yang paling umum dibuat, menggunakan interface windows. Biasanya Windows Application merupakan interface aplikasi sedangakan logic aplikasi terdapat di dalam Class Library. Windows Application dapat berisi form, class, XML file, maupun file VB Script dan Jscript.
Class Library
merupakan fondasi dasar untuk membuat komponen yang menjalankan fungsi tertentu. Class merupakan fondasi dasar untuk membentuk obyek dalam pemrograman berorientasi obyek. Class Library tidak memiliki interface tertentu seperti form, tetapi dapat diakses oleh aplikasi lain untuk menjalakan berbagai fungsi yang terdapat di dalamnya. Class Library dapat disamakan dengan teknologi ActiveX DLL (.dll) dan
ActiveX EXE dalam pemrograman VB6.
Windows Control Library
tidak puas dengan built in control yang disediakan VS .NET ? Anda dapat berkreasi membuat kontrol sendiri dan memasukkan berbagai fungsi yang anda inginkan di dalam kontrol tersebut. Fasilitas untuk membuat kontrol tersebut adalah Windows Control Library. Kontrol ini sama dengan ActiveX Control (.ocx) dalam pemrograman VB6.
ASP .NET Web Application
adalah project yang digunakan untuk membuat aplikasi web. Teknologi yang digunakan adalah ASP .NET yang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan ASP klasik. Perubahan utamanya adalah dapat diprogram menggunakan berbagai bahasa .NET seperti VB, C++, C# maupun J#. ASP .NET juga menyediakan berbagai kontrol yang bersifat event drivent programming sehingga lebih menghemat waktu pembuatan aplikasi.
ASP .NET Web Service
Web service merupakan salah satu ide utama dalam .NET. Anda dapat membuat web service dan meletakkannya di web server untuk diakses berbagai aplikasi. Sebuah web service dapat diakses oleh aplikasi windows, web, console, maupun mobile device. Web service hampir sama dengan Class Library, perbedaan utamanya adalah web service tersebut diletakkan di web server sehingga dapat diakses dengan lebih mudah
dan tidak terbatas pada aplikasi berbasis windows saja.
Console Application
merupakan aplikasi dengan tampilan text mode atau DOS. Aplikasi jenis ini biasa digunakan sebagai monitoring service atau remote application dimana sumber daya komputer dan bandwith sangat terbatas.
Windows Service
adalah aplikasi yang berjalan sebagai service di windows, yang di load bersamaan dengan proses start up windows. Aplikasi ini berjalan di background dan biasanya tidak memiliki interface. Penerapan aplikasi ini misalnya untuk pembuatan scanning antivirus, server FTP, dan remote server.
Web Control Library
Hampir sama dengan Windows Control Library tetapi digunakan untuk aplikasi web.

0 komentar:

Poskan Komentar